July 22, 2024

Liburan sehari ke Dusun Bambu Bandung: Destinasi wisata hemat bagi warga Jakarta

Musim liburan sekolah adalah masa yang sangat dinantikan bagi anak-anak kita, namun kadang kita sebagai orang tua khawatir jika akan over budget ya. Nah, ini ada pilihan lokasi liburan yang sangat menyenangkan karena bisa hemat budget dengan tidak perlu menyewa hotel ataupun villa untuk menginap dan dijamin akan sangat menyenangkan untuk liburan keluarga.

Cocok bagi warga Jakarta yang sudah bosan untuk jalan-jalan di Jakarta, ada destinasi menarik yang  bisa dicoba, yaitu Dusun Bambu, Lembang, Bandung. 

Saat ini kita sudah bisa melakukan perjalanan pulang pergi dari Jakarta-Bandung-Jakarta dengan waktu yang relatif singkat. Seperti yang sudah kita semua ketahui saat ini PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) sudah memiliki Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) dengan nama kereta Whoosh. Waktu tempuh dari Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit dan selama ini kereta selalu berangkat dan tiba di tujuan tepat waktu.


Caranya pun mudah sekali, kita cukup membeli tiket Whoosh secara online melalui aplikasi Access by KAI. Tiket bisa dibeli untuk H-2 minggu dengan harga dimulai dari Rp 200.000; untuk kelas ekonomi premium hingga
first class dengan biaya Rp 600.000;. Anak di bawa umur 2 tahun (bayi) tidak dikenakan biaya, namun tidak mendapatkan nomor kursi. Di atas umur 2 tahun wajib membeli tiket dan akan mendapatkan nomor kursi sama seperti orang tuanya.

Akses ke Stasiun Halim sangat mudah, bagi yang memiliki mobil pribadi bisa menggunakannya dan parkir di Stasiun Halim, tenang saja area parkir tersedia banyak dan sangat luas. Jangan khawatir, bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi bisa menggunakan alternatif lain dengan menggunakan transportasi umum LRT dan turun tepat di Stasiun KCIC Halim.



Setelah sampai di Bandung pun tidak perlu khawatir karena khusus pengguna Whoosh sudah disediakan shuttle bus secara gratis oleh Dusun Bambu (DB). DB adalah tempat wisata di Lembang yang memiliki berbagai pilihan permainan yang lengkap, bersih dan sangat ramah anak.





Ada beberapa pilihan jam untuk shuttle bus tersebut, kita cukup melakukan pesanan kepada admin DB melalui aplikasi whatsapp. Jarak dari Stasiun Padalarang ke DB ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit. Dijamin perjalanan akan aman karena shuttle bus tersebut dalam kondisi terawat dan pengemudi pun juga terlatih.




Yang paling spesial, khusus penggung Whoosh bisa memasuki area DB secara gratis, tidak perlu membeli tiket masuk seharga Rp 25.000 untuk Senin-Jumat . Sesampainya di dalam kita akan menaiki shuttle mobil golf DB dan diantar ke area permainan, diantaranya ada Water Coaster, Shooting Target, e-scooter, Flying Fox, Kebun Sayur, Go-Kart, Area Glamping, Galeri Flora Indonesia dan yang akan sangat disukai anak-anak yaitu Mini Zoo dan We Playground.




Di Mini Zoo kita bisa memberi makan kelinci, hamster, domba dan berfoto dengan burung. Cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 25.000 dan kita sudah mendapatkan satu keranjang berisikan wortel dan sayuran untuk pakan hewan. 



Di area playground kita cukup membayar Rp 75.000 /orang dan bermain sepuasnya hingga jam 17.30 WIB. Permainannya sangat lengkap ada Rainbow Slide, mini flying fox, perosotan, area bermain pasir, jumping castle, aneka ayunan dan lain-lain.



Untuk urusan perut pun tidak perlu khawatir karena di sana disediakan berbagai macam restoran namun harganya memang cukup mahal, alternatif lainnya ada foodcourt di dekat arena We Playground, cukup untuk mengganjal perut. Kebersihannya pun perlu diacungi jempol karena di area taman bermain DB menggunakan karpet rumput sintetis yang terawat dan juga disediakan fasilitas mushallah, toilet dan nursery room yang sangat bersih dan terawat dan lengkap dengan aneka mainan anak.



We Playground DB juga menyediakan loker untuk menyimpan tas dan shower box untuk orang tua yang akan memandikan anak-anaknya setelah bermain seharian. Kelengkapan fasilitas di toilet wanita pun perlu diacungi jempol karena DB menyediakan hair dryer dan catokan rambut yang bisa digunakan secara gratis. Jadi para ladies tidak usah khawatir dengan permasalahan rambut lepek.



Setelah lelah seharian bermain, kita bisa pulang ke Jakarta menggunakan shuttle bus terakhir dari DB ke Stasiun Padalarang, yaitu jam 17.45 WIB. 

Kereta Whoosh paling terakhir ada di jam 20:48 WIB jadi waktunya tidak akan mepet dan bisa kembali pulang ke Jakarta dengan waktu yang singkat dan perjalanan yang menyenangkan tanpa lelah menyetir maupun bermacet-macet ria Patinya akan menjadikan liburan keluarga sangat efektif dan efisien.

Share:

0 comments :

Post a Comment